PILAR LANJUT SEKOLAH

Dalam memastikan sebuah inisiatif Lanjut Sekolah berhasil, ada tiga pilar atau pelaku utama:

1.      Anak cemerlang

       Titik sentral dari seluruh kegiatan Lanjut Sekolah adalah anak-anak cemerlang yang berasal dari daerah-daerah terpencil dan memiliki potensi besar dalam bidang akademik dan kepemimpinan. Untuk dapat bergabung ke dalam Lanjut Sekolah, setiap anak perlu memiliki hal-hal berikut: adanya ijin dari orang tua, adanya mentor yang sudah dikenal oleh anak dan berkomitmen untuk mementori anak selama proses Lanjut Sekolah, dan mengikuti seluruh proses seleksi.

         Untuk empat anak pertama yang dikelola Lanjut Sekolah belum ada proses seleksi formal yang dilakukan, namun seiring dengan keinginan untuk meningkatkan akuntabilitas dari organisasi maka seluruh anak yang ingin bergabung harus mengikuti proses seleksi ini. Anak cemerlang yang dikelola Lanjut Sekolah bisa berasal dari SD maupun SMP, dengan rencana sekolah yang beragam sesuai dengan yang diajukan oleh mentornya.

       Harapan dari Lanjut Sekolah terhadap anak-anak cemerlang ini adalah dengan adanya kontak terhadap sekolah dan lingkungan yang kondusif terhadap pendidikan mereka dapat menemukan potensi diri dan mengembangkan kemampuan kepemimpinannya. Sembari menapaki tangga persekolahan anak juga didorong untuk terus menjalin kontak dengan daerah asalnya sehingga kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak lain di sana. Anak-anak juga didorong untuk mampu menceritakan tentang kisah mereka ke orang-orang di kota lewat berbagai media komunikasi.

2.      Mentor

         Keberadaan mentor untuk setiap anak cemerlang adalah unsur utama dari Lanut Sekolah yang mungkin membedakan  dengan program serupa yang juga memberikan beasiswa serupa. Di tahun-tahun belakangan ini ada banyak program yang memungkinkan terbangun interaksi yang mendalam antara orang yang berasal dari kota dengan anak-anak yang ada di desa. Banyak mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata di desa-desa terpencil, atau mengikuti program seperti Indonesia Mengajar, Pencerah Nusantara, SM3T, dan sejenisnya, yang berkeinginan untuk melanjutkan keterlibatannya setelah mereka kembali ke kota. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi mentor untuk satu anak dari desa tempat mereka bertugas dulu.

          Mentor menjadi pintu gerbang pertama dalam sebuah kegiatan Lanjut Sekolah. Mentor harus merupakan sosok yang dipercaya oleh anak dan juga keluarga anak, dan memiliki komitmen yang penuh untuk mendampingi anak selama paling kurang sampai enam tahun masa sekolahnya. Peran-peran dari mentor adalah:

  •          Menjadi pihak yang mendaftarkan anak cemerlang ke Lanjut Sekolah. Salah satu proses seleksi utama adalah referensi anak yang dilakukan oleh mentor
  •      Mentor menyiapkan rencana pendidikan anak. Di mana persekolahannya dan di mana anak akan tinggal nantinya, serta bagaimana akomodasi anak selama tahun-tahun studinya. Dalam hal ini mentor dapat bekerja sama dengan Lanjut Sekolah yang juga akan menjajaki kerja sama dengan beberapa sekolah
  •       Mentor menjadi pihak yang berhubungan dengan orang tua anak cemerlang, mulai dari meminta izin, menjelaskan rencana pendidikan anak, dan mengabarkan perkembangan anak setelah bersekolah di sekolah yang baru
  •         Mentor memberikan pendampingan yang intensif kepada anak sepanjang masa pendidikannya, dengan pendekatan yang selaras dengan cita-cita Lanjut Sekolah

3.      Kontributor

          Sebagai sebuah program beasiswa prestasi yang sekaligus mempunyai misi untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi publik, seluruh pembiayaan operasional Lanjut Sekolah berasal dari donasi individual, kelompok, maupun perusahaan. Selain kontribusi dalam bentuk donasi, Lanjut Sekolah juga membuka kesempatan untuk berkontribusi dalam bentuk sumbang saran maupun tenaga untuk kegiatan pendampingan anak dan kampanye.

Ikut Berpartisipasi

Lanjut Sekolah berkomitmen untuk meyiapkan pemimpin masa depan yang lahir dari desa – desa terpencil dengan cara memberikan pendidikan yang baik didi tempat yang dekat dengan pusat kemajuan, dan memberikan pendampingan yang memadai agar mereka dapat memaksimalkan potensinya.

Anda dapat ikut ambil bagian dari ikhtiar sederhana ini,

Kunjungi Media Sosial Kami